Juli 27, 2024

SMP NEGERI 3 BABAT

Sekolah Adiwiyata Nasional

Latihan Dasar Kepemimpinan & Manejemen Siswa (LDKMS) OSIS SMP Negeri 3 Babat, sungguh memikat hati. Peserta pelatihan LDKMS diberikan renungan oleh Pembina OSIS.
Siang harinya, usai sholat jumat, dilakukan upacara pembukaan oleh Bapak H.Agus Imam selaku wakil kepala sekolah SMP Negeri 3 Babat, itu dikarenakan Bapak kepala sekolah, Bapak Kacung Budi Santosa berhalangan hadir. Sekaligus setelah pembukaan acara LDKMS, Bapak Agus Imam memberikan materi dasar mengenai Organisasi Siswa Intra Sekolah. setelah itu dilanjutkan dengan pemberian materi bertajuk Pendidikan Karakter Bangsa oleh Bapak H.Qoirun Naim .

Waktu tengah malam tiba, peserta dibangunkan untuk menunaikan sholat malam (qiyamul lail) yang dipandu oleh Bapak Ahmad Fanani Mosah. “Hasil kegiatan qiyamul lail ini harap dipraktekkan di rumah kalian masing-masing…!” himbau Bung Mosah, sapaan akrab pembina kerohanian SMP Negeri 3 Babat pada malam tersebut.

Pada kultum tengah malam itu pembina, Bung Fanmosah memberi arahan, : “kita boleh memohon kepada Allah SWT ketika bersujud. doa dalam hati saja. Dengan bahasa apapun boleh. Gusti Allah SWT itu Maha Pandai. Mengerti bahasa hamba-Nya… Nanti tak kasih kesempatan sujud yang agak lama. Biar adik-adik ada kesempatan berdoa/minta apa saja kepada Gusti Allah SWT…” pesan Pak Guru itu.

Usai ibadah tengah malam, peserta yang berjumlah 77 anak itu digiring ke lapangan upacara. Kaur Kesiswaan, Bapak Helmi Setiawan memberi bahan renungan dengan sentuhan-sentuhan jiwa.
Suasana gelap gulita malam itu hanya bercahaya lilin di depan anaknya masing-masing. Dengan sentuhan hati dua pertiga malam itu tidak sedikit peserta yang mengucurkan air mata. Isak tangis merenungi dosa-dosa adalah sentuhan yang mengena. Tak lama kemudian disambung teriakan histeris Bapak Ustadz Roni Firdaus dengan puisi-puisi rohaninya.
Hal itu menambah suasana syahdu. Bertambah banyak pula peserta yang melelehkan air mata.
Eh, nggak disangka oleh peseta, setelah renungan itu disuruh tidur diruang kelas.
Tahu-tahu 15 menit kesempatan tidur itu, Ustad Pujiono membangunkan lagi. Otomatis diajak sholat malam lagi, hingga waktu subuh tiba.

Materi sabtu siang adalah Dasar-dasar Kepemimpinan oleh Mr.Dwiyono. Tak ketinggalan, peserta juga digembleng Wawasan Kebangsaan/NKRI, oleh Bu Yetty Pujiastuti.

Karena Pak Kacung sudah datang dilokasi, maka penutupan secara resmi dilakukan oleh Beliau selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Babat.

“Peserta LDKMS adalah murid pilihan. Harus punya perilaku dan sikap serta karakter yg baik. Harus berbeda dg anak yang lain, yang tidak terpilih. Dan kalian harus bisa jadi teladan/contoh yang baik.

Acara penutupan secara resmi itu bertempat di aula baru yang dilengkapi fasilitas AC dan layar lebar LCD. Secara simbolis kepsek melepas kartu tanda peserta yang diwakili Guntur & Helfi yg kemudian diikuti seluruh peserta. Bapak Kacung Budi Santosa didampingi Kaur Kesiswaan, Bang Helmi Setiawan duduk di deretan depan. Adapun petugas dipercayakan kepada Dina (pembawa acara), Alda (pembirama/konduktor), Salma (asisten pembina), Linda (pembawa acara).
Sebelumnya, peserta diajak kerjabakti bersih-bersih lokasi dan lingkungan sekitarnya.

—-(Reporter : Ayahelvi) —–