Mei 18, 2024

SMP NEGERI 3 BABAT

Sekolah Adiwiyata Nasional

Memperdalam Spiritualitas dan Kebersamaan dengan Kegiatan Ramadhan di SMPN 3 Babat

Memperdalam Spiritualitas dan Kebersamaan dengan Kegiatan Ramadhan       

di SMPN 3 Babat

Bulan suci Ramadhan tidak hanya menjadi waktu untuk meningkatkan ibadah, tetapi juga kesempatan untuk mempererat tali persaudaraan dan memperdalam pengetahuan agama. Hal ini tercermin dalam rangkaian kegiatan yang digelar oleh SMPN 3 Babat selama bulan Ramadhan tahun ini.

Setelah satu minggu libur awal Ramadhan, seluruh siswa SMPN 3 Babat pada minggu kedua Ramadhan, melaksanakan program “PAIS LOVE RAMADHAN”. Program ini merupakan program kegiatan Ramadhan yang diresmikan oleh Kemenag Jawa Timur. Kegiatan ini secara serentak dilaksanakan oleh seluruh Lembaga Pendidikan formal di Jawa Timur. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang praktik ibadah dalam Islam kepada para siswa.

Selama seminggu penuh, para siswa terlibat dalam pemberian materi dan praktik wudhu serta sholat setiap kelas memiliki jadwal masing-masing dua hari kegiatan. Materi-materi penting seperti tata cara wudhu yang benar dan rukun-rukun sholat disampaikan oleh bapak ibu guru yang berkompeten di bidangnya. Hal ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang ritual ibadah sehari-hari.

Memasuki minggu ketiga Ramadhan, SMPN 3 Babat bertransformasi menjadi arena yang dipenuhi dengan keceriaan dan semangat keagamaan melalui “Festival Ramadhan”. Festival ini menampilkan beragam kegiatan yang menarik perhatian seluruh siswa dan guru.

Yang menarik, kegiatan Festival Ramadhan ini tidak hanya melibatkan siswa-siswi SMPN 3 Babat, tetapi juga melibatkan mahasiswa dari tiga universitas yang berbeda. Mahasiswa ini tidak hanya turut serta dalam memberikan materi-materi pendidikan agama Islam, tetapi juga menjadi penggerak utama dalam pelaksanaan kegiatan festival. Kolaborasi antara sekolah dan perguruan tinggi ini memberikan nilai tambah dalam pembelajaran dan pengalaman bagi semua pihak yang terlibat.

Di antara kegiatan yang diselenggarakan pada Festival Ramdhan adalah lomba kaligrafi, adzan dan iqomah, serta storytelling tentang sejarah kebudayaan islam. Namun, yang menjadi sorotan utama dari festival ini adalah “Islamic Historical Show” yang menghadirkan fashion show dengan tema-tema sejarah Islam. Melalui penampilan busana dan aksi panggung, para siswa berhasil menyampaikan pesan-pesan bersejarah yang menginspirasi.

Tak hanya itu, festival ini juga menawarkan pengalaman kuliner melalui “Pasar Takjil” yang menyajikan berbagai hidangan khas Ramadhan. Para siswa dapat menikmati beragam makanan dan minuman yang disediakan dengan suasana yang meriah.

Dengan suksesnya rangkaian kegiatan Ramadhan di SMPN 3 Babat, semangat kebersamaan dan spiritualitas terus mengalir di tengah-tengah siswa dan guru. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang pembelajaran, tetapi juga momen untuk mempererat hubungan sosial dan meningkatkan pemahaman agama. Semoga semangat Ramadhan ini terus membara dan memberikan inspirasi bagi kita semua.

 

(Reportase : Mahasiswa Kampus Mengajar)