Mei 5, 2024

SMP NEGERI 3 BABAT

Sekolah Adiwiyata Nasional

SMP Negeri 3 Babat Gelar Acara Pameran P5 dan Pentas Seni

Dari Proses Percaya Diri Hingga Raih Prestasi
Reportase Kegiatan Pameran P5 & Pentas Seni SMP Negeri 3 Babat

Kamis dan Jum’at, 9 dan 10 Februari 2023

Dalam rangka pameran hasil P5 siswa kelas 7, pameran hasil karya kelas 8 dan ujian praktek kelas 9 yang menitik beratkan pada mata pelajaran Bahasa Daerah ( Bahasa Jawa), Prakarya dan Seni Budaya di SMP Negeri 3 Babat boleh dikata spektakuler.


Kepala sekolah, Bapak Kacung Budi Santosa, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya mengupas tentang kegiatan yang sedang dilaksanakan hari ini. Adalah sebagai wadah penampilan kreatifitas siswa-siswi SMP Negeri 3 Babat. Acara ini dibuka oleh Bapak Ir. Munif Syarif, MM. Kepala Dinas Kab. Lamongan. Sekaligus juga akan dilaksanakan penerimaan hadiah bagi pemenang lomba antar SD/MI yang perlombaannya telah dilaksanakan pada tanggal 28 Januari sampai 1 Februari 2023 yaitu Tahfidz, Daur ulang, Poster, OSN, Futsal.

Acara yang dikemas melaksanakan program P5 kelas 7 kurikulum merdeka. Salah satunya adalah pameran karya siswa. Dalam P5 SMP Negeri 3 Babat telah melaksanakan tema Suara Demokrasi, Bhinneka Tunggal Ika pada semester ganjil, Kearifan lokal pada semester genap. Unggulan dari P5 kearifan lokal adalah ecoprint. Batik kain yang bernuansa herbal dan ramah lingkungan. Untuk kelas 8 menampilkan pameran hasil karya Seni Budaya, Sedangkan kelas 9 pentas seni sebagai ujian praktik Bahasa Jawa (Bahasa Daerah), Prakarya, dan pameran hasil karya Seni Budaya.

Pukul 09.30, acara dibuka oleh Bapak Ir. Munif Syarif, MM. Kepala Dinas Kab. Lamongan. Dalam sambutan nya, Beliau bertutur bahwa jika tidak punya bekal percaya diri, tentu tidak bakalan bisa ber atraksi di atas panggung ini. “Sebagaimana fashion show yang tampak elegan tadi, kalau nggak percaya diri, saya yakin tidak bisa berlenggak-lenggok…”

Setidaknya ada 22 atraksi panggung yang ditampilkan anak-anak kelas 9 kali ini. Sedangkan ruang pameran dibagi 4 kelas besar dengan tema yang berbeda :
Kelas 9-A Adat Mantu.
Kelas 9-B Sunatan.
Kelas 9-C Wayangan Anak Ontang-anting.
Kelas 9-D Upacara Nyadran.

Itulah aset budaya yang dimiliki bangsa Indonesia khususnya dari tanah jawa.

Bapak Kepala Dinas juga menyerahkan hadiah pemenang lomba antar SD/MI di sekitar SMP Negeri 3 Babat. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Dr. R. Chusnu Yuli Setyo, M.Pd. Kabid pendidikan SMP Kab. Lamongan, Bapak Drs. H. Hadi, M.Pd. Pengawas binaan SMP Negeri 3 Babat, Bapak Wasis, M.Pd. Korwil SD kec. Babat, Komite SMP N 3 Babat, Kepala SD/MI dan Guru SD/MI sekitar SMPN 3 Babat, Juara Lomba Antar SD/MI, Kepala Desa Gembong, Paguyuban kelas 7,8,9, serta siswa siswi SMP Negeri 3 Babat. Tamu Undangan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan SMP Negeri 3 Babat.

—–(Bung Mosah, Reporter Pendidikan) —–

Foto Kegiatan

Foto Kegiatan Pentas Seni Ujian Praktik Bahasa Jawa, Prakarya, Seni Budaya Kelas 9