Juli 27, 2024

SMP NEGERI 3 BABAT

Sekolah Adiwiyata Nasional

Pelaksanaan P5 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022/2023 | Tema “Suara Demokrasi” | SMP Negeri 3 Babat

Pelakasanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Suara Demokrasi SMP Negeri 3 Babat Tahun Pelajaran 2022/2023

Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 ini ada yang baru di sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Perbedaan Kurikulum Merdeka dengan kurikulum sebelumnya adalah hadirnya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan aktivitas kolaboratif berpihak dan berpusat kepada siswa. SMP Negeri 3 Babat, khususnya kelas 7, P5 semester ganjil mengambil tema Suara Demokrasi dan Bhinneka Tunggal Ika. Sedang semester genap mengambil tema Kearifan Lokal.

Pada pelaksanaan P5 dengan tema Suara Demokrasi di SMP Negeri 3 Babat mengusung kegiatan Pemilihan ketua OSIS dan wakilnya. Pada projek ini siswa dilatih menyuarakan pendapat, menghadapi perbedaan dan mengambilan keputusan. Projek ini mempunyai tujuan membangun nilai saling menghormati, toleransi, dan setiap orang mempunyai hak dan kebebasan untuk berpendapat.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 minggu mulai Senin 29 Agustus 2022 sampai Jum’at 16 September 2022. Dibuka pendaftaran calon ketua dan wakil OSIS, selanjutnya calon melaksanakan seleksi tes tertulis dan wawancara. Terpilihlah 3 calon pasangan ketua dan wakil OSIS yang kemudian mengambil nomor undian. Ke 3 pasang calon ketua dan wakil OSIS tersebut adalah  Guntur & Al Mubarok, Helvi & Mandala, Lala & Chiya. Selanjutnya hari Kamis 1 September adalah penyampaian visi-misi jika mereka menjadi  ketua OSIS dan wakilnya di depan seluruh siswa sambil membawa poster sebagai bentuk kampanye agar seluruh warga sekolah lebih mengenal pasangan calon ketua dan wakil OSIS.

Pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil OSIS dilaksanakan pada hari Senin 5 September 2022. Seluruh warga sekolah menggunakan hak pilihnya untuk memilih ketua dan wakil OSIS secara langsung, umum, jujur, bebas dan rahasia. Panitia diambil dari pengurus OSIS telah menyiapkan daftar hadir, kartu suara, bilik suara, tinta, papan penghitungan.

Setelah semua warga sekolah menggunakan hak pilihnya, diadakan penghitungan suara. Hasil akhir penghitungan suara adalah paslon Guntur & Al Mubarok dapat 230 suara. Paslon kedua Helvi & Mandala memperoleh 99 suara. Sedangkan paslon ketiga Lala & Chiya harus puas dg perolehan 21 suara. Maka yang terpilih menjadi Ketua dan Wakil OSIS periode 2022/2023 adalah pasangan Guntur dan Al Mubarok

Dari pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil OSIS ini siswa dapat mengambil pelajaran tentang praktik pelaksaan pemilihan umum di tingkat sekolah. Keterkaitan dengan pelaksanaan P5 Kurikulum Merdeka bagi kelas 7 dengan menerapkan kegiatan awal yaitu pre test, penyampaian materi Demokrasi, Cara menggunakan hak suara, membuat visi misi dan poster untuk kampanye, cara kampanye yang baik, membuat laporan. Hasil akhir dari pelaksanaan P5 ini adalah siswa menghasilkan poster dan laporan dari rangkaian tema Suara Demokrasi yaitu dengan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS.

Foto Kegiatan P5 “Suara Demokrasi

Ketua dan Wakil OSIS terpilih. Pasangan Guntur dan Al Mubarok