Mei 18, 2024

SMP NEGERI 3 BABAT

Sekolah Adiwiyata Nasional

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443H / 2022M

“Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin”

Dalam Aksi Literasi Ada Halal Bi Halal Mencetak Kader Handal

Hampir seluruh kantor dinas dan instansi serta lembaga sekolah mulai berbenah. Selepas liburan romadhon anggota satu dengan yang lain jarang bahkan tak pernah saling kunjung. Maka kesempatan masuk pertama kali usai puasa tahun ini serentak dimulai hari senin, 9 Mei 2022.

Termasuk lembaga pendidikan SMP Negeri 3 Babat. Usai apel pagi yang dipandegani Kaur Kesiswaan, Helmi Setiawan dilanjut berhalal bihalal. Teknisnya, murid-murid berjalan satu lajur secara bergantian bersalam-salaman dengan Bapak/Ibu guru/karyawan.

Bapak/Ibu guru karyawan sudah terlebih dahulu berdiri 1 deret di pinggir mimbar upacara. Anak didik menghampiri dan menyalami guru/karyawan, terkandung maksud mohon maaf atas segala kesalahan yang mereka lakukan. “Begitu pula sebaliknya, bila ada salah dan khilaf dari guru dan karyawan mohon diikhlaskan…” demikian sambutan Pak Roni yang memandu halal bihalal kala itu.

Tak ayal pula diantara mereka ada yang menitikkan airmata haru. Mereka saling menyadari akan kesalahan yang diperbuat kepada Bapak/Ibu guru/karyawan. Pak Roni sebagai pembina kerohanian melantunkan tembang-tembang sholawatan. Membuat suasana semakin syahdu. Haru biru. Menambah derasnya air mata pilu.
Usai bersalam-salaman, murid-murid diajak sholat duha berjamaah yang dipimpin Pak Mosah. Setelah doa dengan bacaan asmaul husna, murid-murid dibariskan lagi di halaman upacara.

Foto Halal Bihalal Bersama Guru/Karyawan dan Siswa

Baris kali kedua ini anak-anak mendapat majalah yang sangat hangat mencuat. “Ini majalah baru terbit. Nama ARSEGA itu akronim dari ANAK REDAKSI SMP TIGA”, urai Bung Fan selaku pembina dibidang keredaksian.

“Silakan anak-anak menulis untuk majalah kita. Ini adalah hasil garapan setting/lay out Mas Rosyid ketua OSIS yang sudah diakui oleh percetakan, yang hasil karyanya sangat bagus dan sudah layak buat khalayak.

Dengan terbitnya karya murid, pertanda anak didik SMP Negeri 3 Babat sudah handal dan hebat.

Foto Literasi Bersama Majalah “Arsega”

Sebelum mengadakan Halal Bihalal dengan murid-murid, Bapak/Ibu guru dan karyawan telah mengadakan hala bihalal tersendiri. Acara silaturrohim itu digelar di kediaman Kepala Sekolah, Bapak Kacung Budi Santosa di desa Moropelang kec Babat pada Hari Sabtu, 07 Mei 2022. “Budaya halal bihalal ini hanya ada di Indonesia. Di luar negeri tidak ada. Bahkan negara Arab yang punya bahasa halal bi halal sendiri tidak ada acara halal bi halal….” kata Pak Kacung dalam pidato sambutannya selaku Kepala Sekolah dan tuan rumah.

Sementara Ustadz Qoirun Naim mengajak audiens yang terdiri dari kerabat kerja SMP Negeri 3 Babat beserta anak-suami-istrinya total 150 orang itu tertunduk khusyu’….
“Ternyata bapak-ibu hadirin bisa merenungi tausiyah nasehat Pak Naim. Terbukti semuanya menundukkan kepala. merenungi isi hati.

Auidens termanjakan lidahnya oleh catering kuliner yang dipercayakan Alisna catering pimpinan Bang Rofiq Bedahan. Sedangkan musik entertainment panggung, panitia menghadirkan elekton Sabda Pujangga pimpinan Cak U’ud Udianto. Vokalis andalan SMPN 3 Babat adalah Ning Riroh, Bang Oni, Pak Haji Arifin dan Bapak/Ibu guru/ karyawan yang lain, sehingga acara dan suasana bertambah meriah . =====(Reporter Bung Fan Mosah) =====

Foto Halal Bihalal Guru/Karyawan SMP Negeri 3 Babat