Mei 18, 2024

SMP NEGERI 3 BABAT

Sekolah Adiwiyata Nasional

MA’HAD AT-TARBIYAH SMPN 3 BABAT

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Menyiapkan mental dan spiritual dalam menghadapi kegiatan pembelajaran tatap muka dengan cara meningkatkan karakter dan spiritual, memperbaiki hubungan dengan orang-orang di sekitar kita seperti orangtua, saudara, tetangga, teman dan orang-orang yang kita kenal, serta menebarkan kebaikan dan kebahagiaan di hati setiap manusia adalah sebagai upaya agar pembelajaran kita berjalan penuh makna. Selain itu semua kita mesti membuat perencanaan yang cerdas untuk mengisi kegiatan belajar mengajar dengan kegiatan yang tersusun rapi yang membuat kualitas pembelajaran semakin meningkat tidak hanya pembelajaran di dalam kelas tetapi juga pembelajaran di luar kelas.

Diskusi klasikal, sholat berjama’ah, qiyamul lail, tadarrus, tahfidz dan pengajian umum adalah beberapa agenda diluar kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang dapat kita susun untuk meningkatkan karakter peserta didik. Disamping itu kita juga punya tanggungjawab yang besar untuk mengantar, mendidik dan membimbing anak didik kita di SMPN 3 Babat agar kelak menjadi anak yang memiliki karakter yang baik dan mempunyai dorongan dan motivasi yang tinggi untuk senantiasa beramal shaleh serta menjadi putra-putri yang shaleh dan shalihah di masa yang akan datang. Agar tujuan yang mulia tersebut dapat tercapai maka kita perlu membuat bentuk formula kegiatan-kegiatan yang dapat mengantar dan mengarahkan anak guna tercapainya tujuan yang mulia tersebut.

Kita semua mengetahui bahwa pada masa sekarang ini terjadi kemerosotan kepribadian dan akhlaq dari semua lini masyarakat yang disebabkan dari dampak negatif dari kemajuan dunia informasi baik elektronik maupun cetak dan globalisasi yang tidak bisa dibendung lagi. Sehingga sangat mudah mempengaruhi pola pikir, kepribadian dan akhlak anak.

Menyikapi hal tersebut para orangtua cenderung memilih pesantren agar anak tidak terpengaruh dampak negatif yang lebih besar. karena masyarakat sudah banyak yang menyadari tentang pentingnya pendidikan agama dalam membendung dampak negatif perkembangan zaman. Maka, sebagai lembaga pendidikan SMPN 3 Babat perlu memberikan fasilitas tambahan agar pengetahuan agama peserta didik tidak kalah dengan santri pesantren.

Oleh sebab itu dari paparan di atas dengan berbagai fungsi dan tanggungjawab kita sebagai pendidik yang harus dapat mengantar, mendidik dan membimbing anak didik kita di SMPN 3 Babat agar kelak menjadi anak yang memiliki karakter yang baik dan mempunyai dorongan dan motivasi yang tinggi untuk senantiasa beramal shaleh serta menjadi putra-putri yang shaleh dan shalihah di masa yang akan datang. Untuk itu, dalam mengisi kegiatan pembelajaran tatap muka, SMPN 3 Babat mengadakan program Ma’had At-Tarbiyah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jum’at sore menjelang maghrib sampai hari Sabtu pagi selepas Sholat Shubuh. Dengan bergantian tingkat kelas, putra dan putri setiap minggunya. Tentunya perlu kerjasama antar rekan guru dan karyawan untuk membimbing anak didik kita. Dan tentunya bisa menambah amal ibadah kita. Aamiin.

Foto Kegiatan Ma’had At Tarbiyah Kelas 7 Putra :

Foto Kegiatan Ma’had At Tarbiyah Kelas 7 Putri :

Foto Kegiatan Ma’had At Tarbiyah Kelas 9 Putri :