CONTOH SKENARIO DAN RPP LENGKAP USAID MATEMATIKA IRISAN KELAS 7
SKENARIO PEMBELAJARAN
MATEMATIKA KELAS 7
Kompetensi Dasar:
4.3. Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang ( difference ) dan komplemen pada himpunan.
Materi : Gambar Berskala
Skenario Pembelajaran (Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran)
Kegiatan | W | |
1 |
Pendahuluan b. Guru mengajukan pertanyaan – pertanyaan dengan mengaitkan pengetahuan sebelumnya. · Dengan Tanya jawab, guru menggali pengetahuan awal siswa tentang himpunan. Karena, pemahaman tentang himpunan merupakan pengetahuan prasyarat dalam mempelajari tentang Masalah himpunan.(G) Guru tidak membedakan siswa laki-laki dan perempuan dalam menggali pengetahuan awal siswa. · Guru menjelaskan dan mengkomunikasikan tujuan dan manfaat tentang hasi belajar yang diharapkan akan dicapai oleh tiap siswa.(Menyampaikan tujuan pembelajaran) yaitu: 1. Menemukan konsep Himpunan 2. Berfikir dan mengajukan ide-ide secara bebas dan terbuka, baik individu maupun kelompok dalam menghadapi masalah 3. Mengkomunikasikan pengetahuannya mengenai permasalahan yang mengandung konsep Himpunan 4. Berfikir kritis menyelesaikan persamaan nyata dalam kehidupan sehari-hari yang mengandung konsep Himpunan c. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan uraian kegiatan pembelajaran d. Memotivasi siswa terhadap pentingnya mempelajari materi ini. |
10 menit |
2 |
Kegiatan Inti a. Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 6 orang (heterogen) (G) Guru mengusahakan agar dalam kelompok terdapat siswa laki laki dan siswa perempuan yang berimbang. b. Secara individual, dengan bimbingan guru, siswa memahami permasalahan dalam LK kegiatan 1 dan melakukan kegiatan sebagaimana di LK, yaitu : · Guru membagikan benda yang berbeda kepada masing-masing kelompok, siswa mengadakan pengamatan tentang perbedaan dan mengkelompokanya (G) Guru member kesempatan yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan dalam melakukan kegiatan. · Dari himpunan benda, siswa di minta untuk memilah benda yang dapat bersifat 2. · Guru meminta siswa untuk menanyakan informasi yang belum difahami tentang himpunan. (I)Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan · Siswa mencari informasi tentang cara himpunan bab irisan. · Guru membagikan LK.1 kepada masing-masing siswa, Siswa bersama anggota kelompok yang lain melakukan pengamatan dengan cara mengamati dan menghitaung jumlah anggota. (I)Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan.Terhadap siswa yang sudah terlebih dahulu menyelesaiakan kegiatan ini, diminta untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan. 1. Sebutkan nama benda berasa Asam! 2. Sebutkan nama benda berasa manis! 3. Jika benda yang Asam adalah A dan Manis adalah M maka tentukanlah masing-masing anggotanya? A = {……………………………………………} M = {……………………………………………} 4. Apakah ada anggota kedua himpunan itu yang sama?………………………………………,…. 5. Jika ada yang sama, sebutkan anggotanya! A Ç M = {……………….,………………………} 6. Hitung anggota dan tiap masing masing anggota berikut? A = {…..} (jumlah anggotanya) M = {…..} (jumlah anggotanya) A Ç M = {…..} (jumlah anggotanya) 7. Masukan Data anggota tersebut kedalam diagram venn yang menunjukan hubungan antara himpunan A dan M, kemudian Arsirlah diagram venn yang menunjukkan A Ç M! (I)Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan. (G)Guru member kesempatan yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan dalam melakukan kegiatan. · Siswa menentukan jumlah masing masing himpunan. (I)Guru membantu siswa lambat. Siswa yang cepat membantu yang temannya yang lambat dalam melakukan kegiatan ini. (G) Guru memberikan perhatian dan kesempatan yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan dalam melakukan kegiatan. · Selanjutnya dari kegiatan tadi, siswa antar kelompok mendiskusikan dan membuat kesimpulan. 1. Setiap kelompok menukarkan hasil karyanya kepada kelompok lain untuk diperiksa, kelompok lain memberikan tanggapannya dalam kertas warna kuning . 2. Setelah selesai hasil karya dikembalikan kepada kelompok semula dan ketua kelompok mencermati dan mengapresiasi masukan dari kelompok lain kemudian setiap kelompok memajangkan hasil karyanya.(G) Guru member kesempatan yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan . 3. Guru membagikan LK.2, dan kertas warna hijau, kepada masing-masing kelompok tentang menggambar obyek dalam gambar 4. Setiap kelompok mendiskusikan hasil pengerjaanya yang ditentukan oleh siswa pada kertas warna hijau (I)Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan. 5. Setiap kelompok menyampaikan laporan hasi lkerjanya di depan kelas.(G) Guru member kesempatan yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan dalam presentasi. 6. Pemajangan hasil karya. (G) Guru member kesempatan yang sama kepada siswa laki – laki dan perempuan dalam memajang hasil karya. 7. Guru memberisoal / kuis secara individual. (G) Guru member soal yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan. |
60 menit |
3 |
Penutup a. Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan b. Guru memandu siswa untuk melakukan refleksi pembelajaran |
10 t |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan | : | SMP Negeri 3 Babat | ||
Mata Pelajaran | : | Matematika | ||
Kelas/Semester | : | VII/ 2 | ||
Topik | : | Himpunan | ||
Sub Topik
Pertemuan ke- |
:
: |
Irisan
1 |
||
Alokasi Waktu | : | 80 menit |
- STANDAR KOMPETENSI
- Menggunakan konsep diagram venn dalam pemecahan masalah
- KOMPETENSI DASAR
4.3. Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang ( difference ) dan komplemen pada himpunan.
- INDIKATOR.
-Menjelaskan pengerian irisan dua himpunan
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan
- TUJUAN PEMBELAJARAN
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian irisan dua himpunan
- Peserta didik dapat menyelesaika masalah yang berkaitan dengan irisan
- MATERI
- Misalkan S adalah himpunan semesta. Irisan himpunan A dan B adalah himpunan semua anggota S yang terdapat pada himpunan A dan terdapat pada himpunan B, dilambangkan dengan A Ç B
- PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Scinentific
- Metode : Diskusi kelompok
- Model : Problem Based Learning (PBL)
- MEDIA,ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
- Media : Gambar
- Sumber Belajar
1). Buku Matematika kelas VII .
2). LKS irisan
3). Lingkungan sekitar
- LANGKAH = LANGKAH
Waktu 1 x 80 menit
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan Siswa | Deskripsi Bentuk Bantuan Guru | Waktu |
Pendahuluan
|
Pendahuluan
· Dengan Tanya jawab, guru menggali pengetahuan awal siswa tentang himpunan. Karena, pemahaman tentang himpunan merupakan pengetahuan prasyarat dalam mempelajari tentang Masalah himpunan.(G) Guru tidak membedakan siswa laki-laki dan perempuan dalam menggali pengetahuan awal siswa. Guru menjelaskan dan mengkomunikasikan tujuan dan manfaat tentang hasi belajar yang diharapkan akan dicapai oleh tiap siswa.(Menyampaikan tujuan pembelajaran) yaitu:
1. Menemukan konsep Himpunan 2. Berfikir dan mengajukan ide-ide secara bebas dan terbuka, baik individu maupun kelompok dalam menghadapi masalah 3. Mengkomunikasikan pengetahuannya mengenai permasalahan yang mengandung konsep Himpunan 4. Berfikir kritis menyelesaikan persamaan nyata dalam kehidupan sehari-hari yang mengandung konsep Himpunan
g. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan uraian kegiatan pembelajaran |
Menyapa siswa dengan salam di lanjutkan doa.
Meng komuni kasikan tujuan pem belajaran
Mengin formasi kan cara belajar yang akan ditempuh dengan kelompok.
|
10 menit
|
Inti
Mengamati
Menanya
Mencoba
Menalar
Menyajikan |
c. Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 6 orang (heterogen) (G) Guru mengusahakan agar dalam kelompok terdapat siswa laki laki dan siswa perempuan yang berimbang.
d. Secara individual, dengan bimbingan guru, siswa memahami permasalahan dalam LK kegiatan 1 dan melakukan kegiatan sebagaimana di LK, yaitu : · Guru membagikan benda yang berbeda kepada masing-masing kelompok, siswa mengadakan pengamatan tentang perbedaan dan mengkelompokanya (G) Guru member kesempatan yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan dalam melakukan kegiatan. · Dari himpunan benda, siswa di minta untuk memilah benda yang dapat bersifat 2. · Guru meminta siswa untuk menanyakan informasi yang belum difahami tentang himpunan. (I)Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan · Siswa mencari informasi tentang himpunan bab irisan. · Guru membagikan LK.1 kepada masing-masing siswa, Siswa bersama anggota kelompok yang lain melakukan pengamatan dengan cara mengamati dan menghitaung jumlah anggota. (I)Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan.Terhadap siswa yang sudah terlebih dahulu menyelesaiakan kegiatan ini, diminta untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan. 8. Sebutkan nama benda berasa Asam! 9. Sebutkan nama benda berasa manis! 10. Jika benda yang Asam adalah A dan Manis adalah M maka tentukanlah masing-masing anggotanya? A = {………………………………} M = {…………………………………} 11. Apakah ada anggota kedua himpunan itu yang sama?…………………… ………,…. 12. Jika ada yang sama, sebutkan anggotanya! A Ç M = {……………………………} 13. Hitung anggota dan tiap masing masing anggota berikut? A = {…..} (jumlah anggotanya) M = {…..} (jumlah anggotanya) A Ç M = {…..} (jumlah anggotanya) 14. Masukan Data anggota tersebut kedalam diagram venn yang menunjukan hubungan antara himpunan A dan M, kemudian Arsirlah diagram venn yang menunjukkan A Ç M! (I)Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan. (G)Guru member kesempatan yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan dalam melakukan kegiatan.
· Siswa menentukan jumlah masing masing himpunan. (I)Guru membantu siswa lambat. Siswa yang cepat membantu yang temannya yang lambat dalam melakukan kegiatan ini. (G) Guru memberikan perhatian dan kesempatan yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan dalam melakukan kegiatan. · Selanjutnya dari kegiatan tadi, siswa antar kelompok mendiskusikan dan membuat kesimpulan 8. Setiap kelompok menukarkan hasil karyanya kepada kelompok lain untuk diperiksa, kelompok lain memberikan tanggapannya dalam kertas warna kuning . 9. Setelah selesai hasil karya dikembalikan kepada kelompok semula dan ketua kelompok mencermati dan mengapresiasi masukan dari kelompok lain kemudian setiap kelompok memajangkan hasil karyanya.(G) Guru member kesempatan yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan . 10. Guru membagikan LK.2, bahan onbyek, spidol, penggaris dan kertas manila, kepada masing-masing kelompok tentang menggambar obyek dalam gambar 11. Setiap kelompok mendiskusikan hasil pengerjaanya yang ditentukan oleh siswa pada kertas warna hijau (I)Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan. 12. Setiap kelompok menyampaikan laporan hasi lkerjanya di depan kelas.(G) Guru member kesempatan yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan dalam presentasi. 13. Pemajangan hasil karya. (G) Guru member kesempatan yang sama kepada siswa laki – laki dan perempuan dalam memajang hasil karya. 14. Guru memberisoal / kuis secara individual. (G) Guru member soal yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan.
|
Mem bagikan LKS-1
|
60 menit
|
Penutup
|
a. Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
b. Guru memandu siswa untuk melakukan refleksi pembelajaran |
Memberi informasi tambahan | 10 menit |
- PENILAIAN
- Prosedur Penilaian:
No | Aspek yang dinilai | Teknik Penilaian | Waktu Penilaian |
1 | Berani bertanya, | Pengamatan | Kegiatan inti nomor 5 sd. 10 |
2 | Berpendapat | Pengamatan | Kegiatan inti nomor 5 sd. 10 |
3 | Mau mendengar orang lain | Pengamatan | Kegiatan inti nomor 5 sd. 10 |
4 | Bekerjasama | Pengamatan | Kegiatan inti nomor 5 sd. 10 |
5 | Tujuan Pembelajaran no. | Tes Tertulis | Kegiatan penutup nomor 11 |
Instrumen Pengamatan sikap:
Aspek sikap Sosial yang diamati | Tally | Frekuensi | Skor |
mengemukakan ide/pendapat
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa mengemukakan pendapatnya |
|||
bertanya
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa bertanya pada teman atau guru |
|||
Mendengar
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa mendengarkan dan memperhatikan jika orang lain berbicara |
|||
kerja sama
Siswa senantiasa bekerja sama dengan anggota kelompok siswa yang lain |
|||
Total skor |
Rubrik penskoran
Skor 0 tidak melakukan sama sekali aspek yang diamati
Skor 1 melakulan aspek yang diamati 1 kali
Skor 2 melakulan aspek yang diamati 2 kali
Skor 3 melakulan aspek yang diamati 3 kali
Skor 4 melakulan aspek yang diamati lebih dari 3 kali
Klasifikasi sikap yang diamati
Instrumen soal pengetahuan
LEMBAR PENGAMATAN
Macam-macam Jenis obyek yang perlu di amati!
GULA MERAH, MAHONI, AIR TEBU, JERUK, MANGGA, ASAM, DONDONG, LEMON, STROBERY, ANGGUR.
MELON, SEMANGKA, KOPI, GULA ARAN.
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS-I)
Judul LKS : Operasi Himpunan dan Irisan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / I
Alokasi Waktu : 15 menit
- KOMPETENSI DASAR
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
- INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
- Aktif bertanya selama proses pembelajaran disajikan
- Mengajukan pendapat selama proses diskusi
- Menghargai pendapat dan ide teman dalam interaksi kelompok diskusi
- Menjelaskan irisan beberapa himpunan
- Mengetahui lambang irisan beberapa himpunan
- Mengklasifikasikan mana saja anggota irisan dari beberapa himpunan
- Petunjuk Belajar :
- Kerjakanlah Tugas berikut dengan kelompokmu
- Sebelum mengerjakan masalah berikut sebaiknya kamu mengamati perintah.
- Cari tahu tentang irisan himpunan dan lambangnya
- Tugas – tugas
Masalah 1
- Sebutkan nama benda berasa manis !………………………………………………………………….
- Sebutkan nama benda berasa asam !…………………………………………………………………..
- Jika benda yang Asam adalah A, dan Manis adalah M maka tentukanlah masing-masing anggotanya?
A = {…………………………………………………………,…………….,……..,…..……}
M = {……………………………………………………..,…………………,………………}
- Apakah ada anggota kedua himpunan itu yang sama, Jika ada yang sama, sebutkan anggotanya !
A Ç M = {……………….,……………………………….,………….,……….…………,…}
- Berapa banyaknya anggota Asam? , Manis ? dan yang bisa asam juga bisa manis ?
A = {….}
M = {….}
A Ç M = {….}
- Masukan bilangan data tersebut kedalam diagram venn yang menunjukan hubungan antara himpunan A dan M, kemudian Arsirlah diagram venn yang menunjuk kan
A Ç M!
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS-2)
Judul LKS : Operasi Himpunan
- Irisan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / I
Alokasi Waktu : 15 menit
- KOMPETENSI DASAR
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
- INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
- Aktif bertanya selama proses pembelajaran disajikan
- Mengajukan pendapat selama proses diskusi
- Menghargai pendapat dan ide teman dalam interaksi kelompok diskusi
- Menjelaskan irisan beberapa himpunan
- Mengetahui lambang irisan beberapa himpunan
- Mengklasifikasikan mana saja anggota irisan dari beberapa himpunan
- Petunjuk Belajar :
- Kerjakanlah Tugas berikut dengan kelompokmu
- Sebelum mengerjakan masalah berikut sebaiknya kamu mengamati perintah.
- Cari tahu tentang irisan himpunan dan lambangnya
- Tugas – tugas
Masalah 1
Di sekolah SMP Negeri 3 Lamongan kelas 7D terdapat 25 siswa, diantara mereka terdapat 15 siswa gemar sepak bola, dan 12 siswa gemar voli. Dan 2 anak tidak gemar sepak bola juga tidak gemar voli. Berapa anak yang gemar sepak bola dan juga gemar voli? Buatlah diagram venn!
Laporkan bagaimana anda bisa menjawab soal tersebut.
Diket : S=25 , B=15 , V=12 , tidak sepak bola dan voli = 2
Jawab
B Ç V = 25 – (15-x)+(12-x)+x+2
= 25 – 29 – x
= 29 – 25
= 4 orang yang suka keduanya.
RUBRIK PENILAIAN
Laporan Penyelesaian Masalah
Aspek | Tingkatan | |||
4 | 3 | 2 | 1 | |
Menyebutkan fakta rasa obyek pada lembar pengamatan | Menyebutkan 5 rasa manis, 4 rasa manis asam, 3 rasa asam, 2 rasa pahit | Menyebutkan rasa asam, manis, manis asam, pahit kurang 1 | Menyebutkan rasa asam, manis, manis asam, pahit kurang 2 | Menyebutkan rasa asam, manis, manis asam, pahit kurang 1 atau tidak menjawabnya |
Menyajikan permasalahan dalam bentuk himpunan dengan cara mendaftar anggotanya | Mendaftar 5 anggota manis dan 3 anggota asam dengan tepat dan benar | Menyebutkan rasa asam, dan manis kurang 1 | Menyebutkan rasa asam, dan manis kurang 2 | Menyebutkan rasa asam, dan manis kurang 3 atau tidak menjawabnya |
Siswa dapat menyajikan irisan dari 2 himpunan | Mendaftar 4 anggota irisan dengan tepat dan benar | Menyebutkan anggota irisan kurang 1 | Menyebutkan anggota irisan kurang 2 | Menyebutkan anggota irisan kurang 3 atau tidak menjawabnya |
Ketepatan siswa menyajikan himpunan kedalam diagram venn | dapat memasukan dan mendaftar anggota dengan benar sesuai lingkaran venn dan lengkap syarat dari pembuatan diagram venn terdapat semesta dan semua anggota semesta | memasukan dan mendaftar anggota dengan benar sesuai lingkaran venn dan lengkap syarat dari pembuatan diagram venn terdapat semesta dan semua anggota semesta kurang 1 | memasukan dan mendaftar anggota dengan benar sesuai lingkaran venn dan lengkap syarat dari pembuatan diagram venn terdapat semesta dan semua anggota semesta kurang 2 | memasukan dan mendaftar anggota dengan benar sesuai lingkaran venn dan lengkap syarat dari pembuatan diagram venn terdapat semesta dan semua anggota semesta kurang 3 atau salah semua. |
Mengetahui, babat , Januari 2016
Kepala SMP Negeri 3 Babat Guru Mata Pelajaran,
Kuncahyo Warih Wicaksono . Kacung Budi Santoso S.Pd
NIP. NIP.