Sen. Des 6th, 2021

SMP NEGERI 3 BABAT

Sekolah Adiwiyata Nasional

Sarana dan Prasarana

HUTAN SEKOLAH

Dalam program hutan sekolah ini, umumnya para siswa diarahkan untukmemanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar sekolah untuk ditanami pohon. Para siswa juga diarahkan untuk memelihara dan menjaga pohon yang mereka tanam dengan senantiasa memberinya pupuk, menyiram, serta mengamati perkembangan tanaman yang mereka tanam pada setiap minggunya.

Apa makna dibalik pentingnya gerakan membangun hutan sekolah yang dicanangkan pemerintah itu? Apakah hal ini hanya sekedar sebuah niat tanpa usaha realisasi karena tidak dipandang vital. Tampaknya hal ini tidak demikian, sebab pemerintah menganggapnya sedemikian penting bagi kehidupan manusia.Beberapa manfaat dikembangkannya hutan sekolah :1)      Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dibidang ekologi(konservasi lingkungan) baik bagi anak didik, sekaligus membangun rasa ikut memiliki menuju sekolah yang berwawasan lingkungan.2)      Mengembangkan sisi ekonomi dan kegiatan produktif melalui pembudidayaan tanaman hutan di sekolah.3)      Peningkatan dibidang social demokratis melalui peningkatan partisipasi anak didik dalam pengembangan hutan sekolah.4)      Memberi manfaat edukatif sebagai laboratorium alam melalui penerapan iptek penghijauan. Untuk itu, perlu mulai berbenah diri bagi sekolah-sekolah sebagai area edukasi bagi tumbuhnya lingkungan dan sumber alam yang lestari melalui penerapan iptek.

GREEN HOUSE

Green house merupakan sebuah bangunan yang dibangun menggunakan bahan dari kaca atau plastik yang tebal menutupi seluruh permukaan kerangka bangunannya yang dapat menembus cahaya. Green house sering disebut sebagai “rumah kaca”. Green house digunakan untuk memanipulasi kondisi lingkungan agar tanaman di dalamnya dapat berkembang optimal.

Green house ini biasanya banyak digunakan oleh para petani dalam memudidayakan tanaman yang dimulai dari menanam bibit. Bibit tumbuhan yang mulai tumbuh biasanya di letakkan di green house agar tumbuh dengan baik disertai pemberian pupuk dan perawatan yang khusus. Selain itu sebagian besar green house digunakan sebagai tempat penelitian tentang pertumbuhan tanaman, percobaan kultur jaringan, hidroponik oleh para mahasiswa maupun orang-orang yang sedang melakukan tugas penelitian dalam bidang pertanian. 

GAZEBO

Gazebo adalah sebuah bangunan yang tampak seperti gubuk yang biasanya terbuat dari bambu, dan atapnya terbuat dari serabut kelapa yang tersusun rapi. Tiap sisinya terbuka tujuannya agar dapat menikmati pemandangan lebih bebas dan menikmati udara yang bertiup tanpa terhalang penutup pada tiap sisi.

Suasana berkumpul di gazebo saat jam istirahat terasa lebih akrab dan menyenangkan bagi para siswa. Beberapa siswa juga senang menghabiskan aktu istirahat untuk belajar dan membaca buku di gazebo. Sehingga suasana belajar tidak lagi menjadi suasana yang menakutkan bagi para siswa, melainkan menjadikan semangat bagi para siswa untuk belajar.

Gazebo SMP Negeri 3 Babat yang setiap hari di gunakan untuk belajar outdoor dan saat beristirahat

KANTIN BEBAS 5P

Perkembangan sekolah saat ini dalam hal pengenalan lingkungan bisa dibilang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa sekolah yang sudah mengenalkan pendidikan lingkungan melalui sekolah adiwiyata. Banyak sekolah sekolah saat ini yang sudah mengembangkan sekolahnya menuju sekolah adiwiyata, mulai dari sekolah adiwiyata tingkat kabupaten hingga sekolah adiwiyata mandiri nasional.

Salah satu hal yang tidak bisa dijauhkan dari sekolah adiwiyata adalah keberadaan kantin sekolah yang ada dalam lingkungan sekolah. Keberadaan kantin sekolah selain sebagai tempat pemenuhan nutrisi untuk siswa, kantin sekolah juga memiliki banyak fungsi seperti, sarana pendidikan, dan sarana untuk menganalisa keberhasilan program adiwiyata di lingkungan sekolah.

Selain kebutuhan nutrisi yang harus ada dalam kantin sekolah, kantin sekolah hendaknya juga tidak ada bahan tambahan berbahaya didalamnya.

Seperti halnya kantin yang ada didalam SMP NEGERI 3 BABAT, setiap kantin dilarang memakai bahan tambahan pangan yang berbahaya seperti 5P, (PENYEDAP,PEMANIS,PENGENYAL,PENGAWET,PEWARNA makanan yang berbahaya).

Kantin SMP NEGERI 3 BABAT yang bebas 5 P (Penyedap,Pemanis,Pengenyal,Pengawet,Pewarna)

MUSHOLLA

Musala atau Musholla (bahasa Arabمصلّى‎) adalah tempat atau rumah kecil menyerupai masjid yang digunakan sebagai tempat mengaji dan salat bagi umat Islam. Musala juga sering disebut dengan surau atau langgar.

Sumber : wikipedia indonesia