Sen. Des 6th, 2021

SMP NEGERI 3 BABAT

Sekolah Adiwiyata Nasional

Sejarah

SMP NEGERI 3 BABAT SEKOLAH ADIWIYATA

Sekolah adiwiyata adalah Sekolah yan peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita.ADIWIYATA berasal dari 2 kata sansekerta yaitu ADI dan WIYATA. Adi sendiri mempunyai arti yaitubesar, agung, baik, ideal atau sempurna. Sedangkan Wiyata mempunyai arti tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika. ADIWIYATA artinya tempat yang besar, agung, baik dan indah yang dimana tempat itu digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika

SMP Negeri 3 Babat adalah salah satu sekolah yang mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dari 423 se-Indonesia. Penghargaan tersebut diterimakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir. Helmi Basalamah kepada kepala SMPN 3 Babat Kuncahyo Warih Wicaksono S.Pd., M.Pd.di Jakarta pada tanggal 21 Desember 2017.

Hal yang sangat membanggakan adalah, bahwa SMP Negeri 3 Babat dinyatakan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional dengan tanpa verifikasi pada tahun 2018. Dan sekarang menuju Sekolah Adiwiyata Nasional Mandiri.